Berprestasi Sebagai Menteri, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto Menjadi Salah Satu Capres Unggulan di 2024

16 Mar 2022  | 281x | Ditulis oleh : Penulis
Airlangga Hartarto

Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini memang sudah baik dengan mencapai angka 3,69 dari tahun ke tahun. Dengan semakin terkendalinya covid-19 pun menjadi salah satu faktor perekonomian di Indonesia semakin baik, dengan target pertumbuhan ekonomi di angka 5,2 persen mungkin saja bisa tercapai.

Bisa kita lihat memang ada beberapa sektor ekonomi yang terus tumbuh di masa pandemi diantaranya adalah industri pengolahan, pertanian, pertambangan, konstruksi, serta informasi dan komunikasi. Sedangkan seluruh komponen ekspor berdasarkan sektor mengalami peningkatan di Januari 2022, dengan total kenaikan 25,3% secara year on year (yoy). Pertumbuhan ekonomi dilihat dari year on year maksudnya adalah melalui metode atau cara yang digunakan untuk mengevaluasi pertumbuhan ekonomi melalui perbandingan antara periode tahun ini dan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Pertumbuhan ekonomi yang terus naik secara signifikan memang tidak lepas dari kinerja yang baik dari pemerintah menangani pandemi, dan tentu saja semuanya ada peran dari para menteri yang saat ini sedang menjabat terutama kinerja yang baik dari Menko Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto. Seperti yang sudah kita ketahui semua memang ketika adanya pandemi perekonomian di Indonesia mengalami penurunan dan hampir saja mengalami resesi ekonomi yang akan berdampak buruk pada semua bidang.

Untung saja ada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang sudah dijalankan dan penerapannya berfokus pada pemberian dukungan langsung kepada masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja dan perlindungan sosial. Di saat yang sama, Program PEN juga akan menstimulasi kinerja UMKM dan Koperasi melalui insentif usaha dan dukungan pembiayaan, seperti yang saat ini sudah dilaksanakan yaitu bantuan modal berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Melihat semua kinerja baiknya memang tidak salah jika kalimat Airlangga Hartarto Capres 2024 mulai menggema. Bukan hanya di dalam partai pengusungnya saja yaitu Golkar, tapi di banyak media sosial dan hasil survey pun nama Airlangga Hartarto mulai di unggulkan nyapres di pemilu 2024 nanti. Selain gagasan yang cemerlang dengan program KUR-nya, Airlangga Hartarto juga terus mendorong transformasi digital melalui Making Indonesia 4.0. Hal ini disebabkan adanya perubahan perilaku masyarakat selama pandemi yang cenderung memanfaatkan teknologi digital sehingga menyebabkan perkembangan yang pesat pada transaksi digital.

“Pemerintah melihat bahwa pertumbuhan perekonomian berbasis digital ini salah satu yang bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, karena selama pandemi Covid-19 pertumbuhan ekonomi di sektor digital ini terus tumbuh,” jelas Airlangga.

Koordinasi yang kuat sangat diperlukan dalam menjawab berbagai tantangan ekonomi di tahun 2022. Respon cepat dari seluruh pihak, sangat dibutuhkan untuk dapat mempertahankan momentum pemulihan ekonomi nasional.  “Saya berharap kebijakan di bidang perdagangan dapat terus diperbaiki dan dapat terus berjalan dengan baik dan bersinergi dengan Kementerian-Kementerian lain agar kita bisa mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” tutupnya.

Selain menjalankan tugasnya dengan sebagai Menko Perekonomian, beliau juga masih aktif sebagai Ketua Umum Partai Golkar dan mempunyai massa pendukung yang tidak sedikit tentunya. Dengan melihat kinerja yang baik dari berbagai jabatan beliau dan adanya massa pendukung dari partai pengusungnya. Tentu saja sangat lumrah jika seorang Airlangga Hartarto saat ini berani mencalonkan diri dan maju sebagai Capres pada pemilu di 2024 nanti.

Semoga saja semua niat baik beliau ingin memimpin negeri ini bisa terwujud, dan pastinya semua berharap tidak ada yang namanya penundaan pemilu seperti yang sedang hangat dibicarakan saat ini, agar pesta demokrasi berjalan sebagaimana biasanya sesuai dengan Undang Undang dan konstitusi yang berlaku di Indonesia.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top