Al Masoem: Sekolah Berpesantren di Bandung yang Mewajibkan Peserta Didik untuk Shalat Berjamaah

2 Feb 2024  | 44x | Ditulis oleh : Admin
pesantren Al Masoem

Al Masoem, sebuah nama yang tak asing bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya. Sekolah Islam yang berdiri sejak tahun 1986 ini dikenal sebagai sekolah berpesantren yang mengedepankan pendidikan karakter dan keagamaan. Salah satu ciri khas Al Ma'soem adalah kewajiban shalat berjamaah bagi seluruh peserta didik. Baik itu untuk siswa yang mengambil sekolah full day school ataupun untuk siswa yang mengambil sekolah plus pesantren. Untuk sekolah plus pesantren sudah jelas, shalat 5 waktu wajib dan akan dilaksanakan dengan berjamaah karena peraturan pondok pesantren secara umum memang demikian tapi bagaimana dengan sekolah full day? Uniknya Al Ma'soem mewajibkan shalat berjamaah untuk dzuhur dan ashar. Jadi sebelum siswa pulang ke rumah mereka harus shalat ashar terlebih dahulu. Ini menjadi pembiasaan di waktu sekolah agar putra putri siswa dan siswi Al Masoem terbiasa untuk melaksanakan shalat berjamaah dikhususkan untuk para laki laki yang akan menjadi imam bagi istri istrinya nanti.

Kewajiban Shalat Berjamaah di Sekolah

Di Al Masoem, shalat Dhuhur dan Ashar berjamaah merupakan kewajiban bagi seluruh siswa, baik laki-laki maupun perempuan. Program ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Islam dan membiasakan siswa untuk melaksanakan shalat tepat waktu. Adapun hal yang disunnahkan namun dianjurkan dilaksanakan di sekolah Al Masoem ini adalah shalat Dhuha boleh dilaksanakan di masjid pesantren ataupun di mushola Al Ma'soem yang terletak di depan kantor pendaftaran Al Masoem. Ini merupakan bentuk dukungan sekolah untuk para siswa dan santri yang paham betul pentingnya melaksanakan ibadah shalat.

Shalat Dhuhur berjamaah dilaksanakan wajib di pesantren siswa Al Masoem tepatnya di area masjid pesantren khusus putra dan putri dilaksanakan di asrama mahasiswa di sekitar asrama putri. Sedangkan shalat Ashar dilaksanakan setelah jam pelajaran terakhir selesai dan semua siswa dan siswi wajib melaksanakan shalat ashar berjamaah sebelum pulang. Khusus putri yang sedang berhalangan tetap diwajibkan datang ke area masjid dan menunggu di tempat yang sudah disediakan untuk diberikan waktu untuk menunggu siswi lainnya yang sedang melaksanakan shalat ashar berjamaah.

Para siswi yang berhalangan juga tidak semena mena bisa melakukan pelanggaran karena ada beberapa bidan dan guru BK perempuan yang memeriksa jika memang sang siswi tidak shalat dengan alasan (berbohong) haid padahal tidak haid maka akan diberikan sanksi poin pelanggaran begitu juga untuk para siswa yang ketahuan tidak melaksanakan kegiatan shalat ashar berjamaah maka akan diberikan sanksi poin pelanggaran.

Manfaat Shalat Berjamaah bagi Peserta Didik

Kewajiban shalat berjamaah di Al Masoem membawa banyak manfaat bagi peserta didik, di antaranya:

Memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Sudah pasti dengan melakukan shalat wajib berjamaah dapat memperkuat keimanan serta ketaqwaan para pelakunya termasuk para peserta didik. Selain para peserta didik para staf pendidikan dan guru juga wajib melaksanakan shalat berjamaah. Kecuali guru perempuan yang sedang berhalangan bisa menjadi guru yang menjaga para siswi yang sedang berhalangan juga agar tidak menimbulkan keributan atau bahkan tidak kabur sebelum sholat berjamaah selesai.

Membiasakan siswa untuk disiplin dan tepat waktu.

Shalat berjamaah dapat menciptakan siswa yang disiplin dan tepat waktu. Karena seperti peraturan sekolah ini siswa diwajibkan sudah ada di masjid 15 menit sebelum adzan untuk melaksanakan shalat sunnah tahiyatul masjid terlebih dahulu.

Mencegah siswa dari perbuatan tercela.

Shalat dapat mencegah dari perilaku keji dan munkar. Dan itu sudah tertanam dalam Al Quran surat Al Ankabut ayat 45.

اُتْلُ مَآ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ ۗوَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗوَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ . 

Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan (Al Ankabut ayat 45)

Al Masoem Sekolah Islam yang Lebih dari Sekedar Sekolah

Al Masoem bukan hanya sekolah, tetapi juga pesantren yang mendidik dan membimbing peserta didik untuk menjadi generasi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Kewajiban shalat berjamaah hanyalah salah satu bentuk pembinaan karakter yang diterapkan di Al Masoem. Selain itu masih banyak metode dan pembelajaran yang sekolah ini sajikan untuk para peserta didiknya dari bagaimana beretika, bagaimana seorang siswi bersifat dan lain sebagainya. Al Masoem merupakan sekolah yang seimbang antara ilmu pendidikan umum dan agama sehingga lulusannya bisa tersebar luas dan memiliki peluang untuk melanjutkan ke berbagai jenis perguruan tinggi.

Al Ma'soem dengan program shalat berjamaah wajibnya menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain untuk lebih memperhatikan pendidikan karakter dan keagamaan. Diharapkan dengan program ini, lahirlah generasi muda yang cerdas, berkarakter, dan berakhlak mulia.

 

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
RajaKomen
Scroll Top