Mari Ketahui Lebih Jauh Tentang Tahap Bayi Berkembang Termasuk Bayi Baru Lahir

1 Feb 2023  | 382x | Ditulis oleh : Penulis
Mari Ketahui Lebih Jauh Tentang Tahap Bayi Berkembang Termasuk Bayi Baru Lahir

Mengurus bayi merupakan tugas mulia dari seorang ibu, anak yang lahir kedunia akan menjadi sebuah anugerah yang tidak ternilai. Maka dari itu sebagai orang tua kita wajib mengurus bayi kita dengan sangat baik, termasuk mengetahui kapan saja waktu tahap bayi berkembang sedini mungkin, agar tidak terjadi hal buruk atau gangguan pada tumbuh kembang si kecil.

Seperti yang kita tahu bahwa si kecil memiliki tahap perkembangan dan pertumbuhan yang unik dan penting bagi masa depannya. Ini adalah masa ketika otak dan tubuh mereka berkembang dengan cepat, dan mereka membutuhkan banyak stimulasi dan perhatian untuk membantu mereka tumbuh dan berkembang dengan baik.

Salah satu tahap bayi berkembang yang harus sangat kita perhatikan adalah ketika bayi baru lahir, di waktu inilah kita sebagai orang tua harus benar-benar memperhatikan kondisi kesehatan si kecil terutama tumbuh kembang si kecil untuk memastikan semuanya berjalan sebagaimana mestinya.

Tahap Perkembangan Bayi Baru Lahir atau Usia 0-3 Bulan

Pada tahap ini, bayi akan mengembangkan keterampilan motorik halusnya seperti mengejar benda dan meraihnya, dan juga memperkuat otot-otot mereka melalui gerakan yang terkoordinasi. Mereka juga mulai memahami lingkungan mereka dan memperkenalkan diri pada wajah dan suara orang terdekat mereka.

Sebenarnya jika diperjelas secara terperinci bayi baru lahir memiliki banyak tahap pertumbuhan yang membedakannya dengan bayi yang lebih tua. Berikut adalah beberapa tahap penting dalam perkembangan bayi baru lahir secara lebih lengkap untuk Anda ketahui;

Tahap Reflex

Pada tahap ini, bayi baru lahir memiliki refleks alami seperti menutup mata saat dipapari cahaya terang atau menghisap saat dipapari jari.

Tahap Ketergantungan

Pada tahap ini, bayi baru lahir sangat tergantung pada orang tua untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makan, minum, dan tidur.

Tahap Keterampilan Motorik Dasar

Pada tahap ini, bayi mulai memperoleh keterampilan motorik dasar seperti memperkuat otot-otot dan mengontrol kepala dan leher.

Tahap Perkembangan Sensorik

Pada tahap ini, bayi mulai memperoleh pengalaman melalui indera seperti melihat, mendengar, dan menyentuh.

Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Emosional

Pada tahap ini, bayi mulai memperoleh pengalaman emosional dan belajar untuk merespon emosi mereka dan orang lain.

Itulah beberapa tahap penting dalam perkembangan bayi baru lahir yang perlu kita ketahui. Tentunya sangat penting bagi kita sebagai orang tua untuk memahami tahap ini agar dapat membantu dan memastikan bahwa bayi memperoleh perkembangan yang baik dan sehat sesuai dengan perkembangan bayi sehat baru lahir lainnya.

Dengan memahami tahap-tahap perkembangan bayi, orangtua dan pengasuh dapat membantu memfasilitasi perkembangan dan pertumbuhan yang sehat dan optimal bagi bayi mereka. Ini termasuk memberikan banyak stimulasi dan perhatian, serta memastikan bahwa mereka memiliki lingkungan yang aman dan nyaman untuk belajar dan berkembang.

Agar lebih maksimal dalam memantau perkembangan bayi baru lahir, kita juga perlu memperhatikan popok yang dipakai oleh si kecil. Pastikan popok si kecil adalah popok dengan kualitas terbaik yang nyaman dan memiliki daya serap tinggi. Sebagai rekomendasi Anda bisa menggunakan popok bayi baru lahir dari Merries.

Popok Merries merupakan sebuah brand asal Jepang, tepatnya dari perusahaan Kao. Sesuai dengan namanya, popok dari Merries ini datang dalam bentuk perekat yang cocok untuk bayi kecil kita. Popok ini akan memudahkan kita saat mengenakannya pada Si Kecil yang baru lahir.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
RajaKomen
Scroll Top