Sedapnya Resep Sayur Lodeh Ala Ajinomoto by Dapur Umami

25 Nov 2022  | 45x | Ditulis oleh : Penulis
Dapur Umami

Menu masakan berkuah atau yang kita kenal sayur merupakan menu masakan yang biasanya dijadikan hidangan pelengkap bagi menu utama yang disajikan. Sayur memang sudah menjadi makanan yang tidak bisa dihilangkan dan wajib ada di meja makan bagi sebagian orang. Karena selain bisa sebagai pelengkap menu makanan, sayur juga biasanya menyehatkan dan bisa menetralisir rasa pedas saat ada hidangan yang mendung cabai atau sambal.

Salah satu masakan berkuah dan memiliki rasa sedap saat disajikan dengan menu makanan utama tersebut adalah sayur lodeh. Sayur ini merupakan masakan sayur yang berkuah santan dan menjadi ciri khas Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Sayur lodeh mempunyai berbagai macam variasi terutama pada bumbunya, ada yang santannya berwarna putih dan ada juga yang santannya berwarna kuning kemerahan.

Sayur lodeh juga merupakan salah satu menu masakan yang pernah sangat disukai oleh dua mantan presiden kita yaitu Soekarno dan juga Soeharto. Keduanya diketahui memang sangat gemar menyantap makanan satu ini. Tentunya akan menjadi sebuah kebanggaan bagi kita jika bisa membuatnya dan menyajikan sayur lodeh untuk keluarga tercinta di meja makan.

Lalu bagaimana cara memasak sayur lodeh yang sedap dan nikmat untuk disajikan bersama lauk atau menu utama di meja makan kita? Nah, sebagai rekomendasi sayur lodeh sedap dan nikmat anda bisa mencoba resep sayur lodeh ala ajinomoto dari Dapur Umami yang pastinya sedap berikut ini:

Bahan-bahan
- 5 btg Kacang Panjang
- 100 gr Tempe
- ½ bh Jagung
- 1 bh Labu Siam
- 1 ruas Laos
- 2 siung Bawang Putih
- 4 siung Bawang Merah
- 2 btr Kemiri
- 1 sdt Ketumbar
- 1 sdt Garam
- 2 sdt AJI-NO-MOTO®
- 2 sdm Minyak Goreng
- 600 ml Santan Encer

Cara Memasak

  • Keprek laos, potong kacang panjang, jagung, labu siam
  • Buat bumbu halus: masukkan bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, haluskan.
  • Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, tambahkan laos, aduk rata, masukkan santan.
  • Tambahkan jagung, labu siam, dan tempe.
  • Tambahkan garam dan AJI-NO-MOTO®, masak hingga matang.

Sayur lodeh ala ajinomoto by Dapur Umami siap disajikan bersama nasi hangat dan lauk yang sudah disediakan. Untuk menambah rasa nikmat saat makan sayur lodeh anda juga bisa menyajikan sambal untuk menambah selera makan anda bersama keluarga tercinta.

Mudah dan simpel bukan cara membuatnya? Mungkin saja sayur lodeh ini bisa menjadi salah satu menu andalan untuk anda dan keluarga. Karena selain memiliki rasa yang sedap dan gurih karena ada tambahan santan dan penyedap alami ajinomoto, dalam proses membuatnya pun tidak memerlukan waktu lama jadi anda bisa segera menyantapnya.

Banyak rekomendasi lauk yang cocok disajikan dengan sayur lodeh, yang bisa membuat nafsu makan anda semakin bertambah. Lauk tersebut di antaranya adalah ikan asin, ikan pindang, ikan tongkol, perkedel kentang, telur ceplok maupun dadar atau yang paling sederhana anda bisa menyajikannya bersama tahu/tempe goreng.

Tentunya masih banyak resep sayur atau makanan berkuah lainnya yang bisa anda coba praktekan, semua sudah tersaji secara lengkap di Dapur Umami. Selamat Mencoba resep-resepnya yaa..

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top