Survei LKPI - Airlangga Hartarto Ketum Partai Golkar Capres Unggulan Pilihan Rakyat

14 Mei 2022  | 134x | Ditulis oleh : Penulis
Golkar Indonesia

Pemilu atau Pemilihan Presiden (Pilpres) memang masih akan berlangsung pada tahun 2024, namun saat ini sudah ramai bermunculan berita tentang nama calon presiden dan wakilnya. Saat ini muncul nama Capres seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Puan Maharani, Ganjar Pranowo, Erick Thohir, hingga yang saat ini namanya sedang mencuat karena paling di unggulkan yaitu Airlangga Hartarto. Beliau merupakan Ketua Umum Partai Golkar sekaligus juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia saat ini.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi kandidat calon presiden yang paling banyak dipilih responden berdasarkan survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI). Dari sejumlah simulasi pertanyaan yang diberikan ke 2.150 responden, Airlangga selalu menempati urutan teratas.

Direktur Eksekutif LKPI Andri Gunawan menuturkan dari simulasi nama-nama menteri dan ketua DPR yang diprediksi maju di Pilpres 2024, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga dipilih sebanyak 38,8 persen. Airlangga mengungguli Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang dipilih sebanyak 29,2 persen responden, disusul Ketua DPR Puan Maharani 9,2 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 2,9 persen dan Menteri BUMN Erick Thohir dengan 2,1 persen.

Sementara itu, dari simulasi pertanyaan tertutup, nama Airlangga Hartarto juga muncul di urutan teratas kandidat capres yang dipilih responden. Andri juga menambahkan, hasil survei soal capres pilihan responden ini menunjukkan mayoritas responden menghindari tokoh yang berpotensi memunculkan polarisasi di masyarakat jika diusung nantinya.

Memang bukan tanpa alasan Ketua Umum Partai Golkar saat ini yaitu Airlangga Hartarto menjadi salah satu sosok Capres yang paling diinginkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Masyarakat menilai bahwa sosok Airlangga Hartarto setidaknya sudah berpengalaman dalam pemerintahan dan mengurus perekonomian negara. Karena sampai saat ini beliau memang sedang menjabat sebagai Menko Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

Profil Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto lahir 1 Oktober 1962 adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia periode 2019-2024 pada Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo-K.H Ma'ruf Amin dan Ketua Umum Partai Golkar. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian menggantikan Saleh Husin pada perombakan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Airlangga Hartarto pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Emiten Indonesia periode 2011-2014. Airlangga juga adalah Ketua Komisi VII DPR RI (2006-2009) membidangi energi, lingkungan hidup dan ristek dari Fraksi Partai Golkar dan tercatat sebagai Wakil Bendahara dalam Pengurus DPP Partai Golkar periode 2004-2009 di kepengurusan periode 2009-2015 tercatat sebagai Ketua DPP Partai Golkar. Ia terpilih kembali menjadi anggota DPR periode 2009-2014 untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat V dan menjabat sebagai Ketua Komisi VI yang membidangi perindustrian, perdagangan, UKM, Investasi dan BUMN.

Airlangga Hartarto juga menjadi Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) periode 2006-2009, Ketua Dewan Insinyur PII 2009-2012. Airlangga adalah anggota Majelis Wali Amanah Universitas Gadjah Mada Yogyakarta s.d. tahun 2012 dan menjadi pemrakarsa Herman Johannes Award, suatu penghargaan bagi inovasi teknologi saat ia menjabat Ketua Keluarga Alumni Fakultas Teknik UGM (KATGAMA) pada tahun 2003. Airlangga adalah pemilik sejumlah perusahaan dan ia menjadi Presiden Komisaris dari PT Fajar Surya Wisesa, Tbk.

Dengan segudang pengalamannya di dunia politik, ekonomi dan juga pemerintahan, tentunya Airlangga Hartarto menjadi salah satu calon kuat dalam Pilpres 2024 nanti. Nama Airlangga Hartarto juga tidak pernah ada di daftar kasus pidana apapun. Peluang Airlangga Hartarto untuk menjadi Presiden selanjutnya sepertinya akan berjalan dengan mulus. Beliau hanya tinggal memilih pasangan yang tepat untuk menjadi wakilnya di Pemilu 2024 nanti.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top