Virtual Account - Cara Baru Pembayaran Online Era Digital

14 Jul 2022  | 294x | Ditulis oleh : Penulis
Midtrans

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini kita dihadapkan pada zaman yang teknologinya terus berkembang dengan segala kemudahan yang bisa kita dapatkan. Begitu juga dalam transaksi jual beli yang sistem pembayarannya sudah semakin mudah dengan cara bayar secara online. Salah satu metode pembayaran yang sering dilakukan oleh para pelanggan saat ini adalah virtual account. Cara baru pembayaran online ini biasanya dipilih karena para pelanggan tidak perlu lagi memasukkan nominal transaksi seperti pada metode lainnya saat melakukan pembayaran.

Mungkin saat ini masih banyak juga yang belum mengetahui tentang cara pembayaran online di era digital atau virtual account ini. Jika dijelaskan secara singkat Virtual Account adalah akun rekening virtual atau rekening bank tidak nyata berbentuk sejumlah nomor ID yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Nomor ID tersebut biasanya dibuat oleh bank yang dipilih sesuai permintaan perusahaan untuk melakukan sejumlah transaksi pembayaran. Dalam setiap transaksi, masing-masing pelanggan akan memperoleh ID yang berbeda untuk melakukan pembayaran. Nomor ID ini juga dapat berubah untuk transaksi yang berbeda.

Virtual account secara umum terbagi menjadi 2 jenis yaitu fixed virtual account dan non-fixed virtual account. Keduanya tentu memiliki fungsi yang sama digunakan untuk setiap transaksi pembayaran online. Perbedaannya hanya penentuan nomor akun atau ID saja. Jika fixed virtual account bisa melakukan transaksi apa saja dengan ID yang sama, dan non-fixed virtual account adalah sebaliknya yaitu ID hanya khusus pada satu transaksi saja.

Lalu apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan jika menggunakan virtual account dalam setiap transaksi pembayaran?

Salah satu manfaat yang paling bisa kita rasakan tentu saja kemudahan dalam setiap transaksi pembayaran. Kita tidak perlu lagi repot-repot memasukan nomor rekening tujuan, nominal transfer, mengirim bukti transfer karena semuanya dilakukan secara otomatis oleh sebuah sistem. Penggunaan virtual account juga bisa lebih bisa mempersingkat waktu transaksi karena banyak proses dalam pembayaran tersebut dilakukan secara lebih cepat dan efisien.

Semua baik penjual maupun pembeli tentu saja akan dipermudah dengan adanya virtual account ini, karena penjual hanya tinggal memberikan nomor ID kepada pelanggan dan pembeli pun hanya tinggal memasukan nomor ID tersebut untuk melakukan pembayaran. Nomor ID virtual account akan secara otomatis menghitung berapa total transfer yang harus pembeli bayarkan kepada penjual. Pembayaran yang sudah pembeli lakukan pun pastinya jika sudah sukses akan ada pemberitahuan bahwa transaksi pembayaran sudah sukses melalui sms ataupun email.

Singkatnya adalah saat penjual memberikan nomor ID sebagai nomor tujuan transfer kepada pelanggan, setiap nomor virtual account akan langsung terkait dengan pelanggan. Setelah pembayaran diterima, informasi transaksi akan dikirim ke penjual sehingga penjual dapat langsung mengidentifikasi siapa pembeli yang sudah melakukan pembayaran.

Walaupun penggunaan virtual account ini merupakan cara pembayaran yang sering digunakan oleh perusahaan atau bisnis besar. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis menengah kebawah pun bisa menggunakannya, apalagi pelanggan saat ini memang mendambakan kemudahaan dalam sebuah transaksi penjualan. Nah jika anda sebagai pelaku bisnis ingin menggunakannya, anda bisa menggunakan salah satu layanan virtual account dari Midtrans.

Karena Midtrans adalah payment gateway yang tidak hanya memudahkan anda untuk menerima berbagai macam metode pembayaran, tapi juga memudahkan anda dalam proses integrasi dan pengaturannya. Memilih metode pembayaran melalui virtual account merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan transaksi cepat, mudah, dan aman. Pembayaran melalui virtual account ini bisa dilakukan melalui berbagai bank, di antaranya adalah BCA dan BRI Virtual Account (BRIVA).

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top