Santri Boarding School Al Masoem Bandung Berkarya: Kegiatan Menulis dan Sastra

24 Jun 2024  | 50x | Ditulis oleh : Admin
pesanten Al Masoem Bandung

Santri Boarding School Al Masoem (SMA & SMP) di Bandung merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki program boarding school. Keberadaan boarding school di Bandung ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk menimba ilmu tidak hanya dalam hal akademik, tetapi juga dalam pengembangan diri melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti kegiatan menulis dan sastra.

Kegiatan menulis dan sastra di Santri Boarding School Al Masoem Bandung merupakan bagian dari program pengembangan literasi yang sangat diperhatikan. Baik siswa SMP maupun SMA di boarding school ini didorong untuk mengembangkan kemampuan menulis dan apresiasi terhadap karya sastra. Hal ini dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti lomba menulis, forum sastra, diskusi buku, dan penulisan karya sastra.

Siswa di SMP Boarding School di Bandung diajarkan untuk mengasah kemampuan menulis mereka melalui pelajaran Bahasa Indonesia dan mata pelajaran terkait, serta melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti kelompok menulis. Mereka juga diajak untuk mengenal karya sastra Indonesia dan mancanegara melalui kegiatan membaca dan diskusi.

Sementara itu, siswa SMA boarding school di Bandung diajarkan untuk mengembangkan kemampuan menulis kreatif dengan berbagai teknik penulisan, seperti prosa, puisi, dan esai. Mereka juga diberikan wadah untuk mengekspresikan diri melalui lomba menulis dan kegiatan sastra lainnya. Dengan demikian, Santri Boarding School Al Masoem Bandung memberikan ruang bagi siswa untuk berkarya dalam dunia sastra.

Melalui kegiatan menulis dan sastra ini, Santri Boarding School Al Masoem Bandung mengajarkan nilai-nilai kejujuran, ketekunan, dan keteguhan hati kepada para siswa. Mereka diajarkan untuk mengekspresikan pemikiran dan perasaan mereka melalui tulisan, serta belajar untuk menghargai karya sastra sebagai bagian dari warisan budaya bangsa.

Dengan adanya kegiatan menulis dan sastra di Santri Boarding School Al Masoem Bandung, diharapkan para siswa dapat mengembangkan potensi diri mereka dalam bidang sastra dan literasi. Selain itu, melalui kegiatan ini, diharapkan pula tumbuh minat baca dan apresiasi terhadap karya sastra pada generasi muda, sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan yang kreatif dan cerdas dalam menghadapi tantangan zaman.

Dengan demikian, Santri Boarding School Al Masoem Bandung menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan literasi dan sastra di kalangan siswa SMP dan SMA di Bandung. Semoga keberadaan kegiatan menulis dan sastra ini dapat terus menjadi bagian integral dari pendidikan di boarding school ini, dan memberikan dampak positif bagi perkembangan intelektual dan kreativitas siswa.

Sumber:
https://almasoem.sch.id/

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top